Related Post

Minggu, 08 Juli 2012

BERLIBUR KE YOGYAKARTA

Musim liburan ini banyak wisatawan lokal maupun manca memadati kawasan wisata di Yogyakarta. Salah satunya di Candi Borobudur, yang berada tepat diperbatasan wilayah Yogyakarta - Magelang. Selain itu adapula Candi Prambanan, Candi Boko, Candi Sewu, dll. GPS dengan software Sygic yang tertanam di Android Samsung GT5360 saya mencatat segala lokasi kota Yogyakarta yang menjadi tujuan wisata keluarga kecil saya, maklum sudah lama tidak melakukan perjalanan wisata ke yogyakarta. Nah di liburan ini saya mengajak keluarga kecil saya menyempatkan diri untuk menikmati indahnya Candi Borobudur.Tidak itu juga, kami menyempatkan juga ke tempat-tempat wisata disekitar yogyakarta. Memperkenalkan salah satu obyek wisata kepada anak merupakan wujud pembelajaran untuk mencintai budaya bangsa sendiri. Salah satunya Candi Borobudur yang bertempat di Magelang Jateng kurang lebih 130 Km kearah selatan kota Yogyakarta. Ternyata pengunjung Candi Borobudur dapat dikatakan lebih banyak dari hari biasa. Maklum-lah, ini liburan kenaikan kelas dan memang merupakan hari libur panjang bagi anak-anak. Hal ini mempengaruhi harga tiket masuk ke dalam Candi Borobudur dan Prambanan sebagai tujuan keluarga kecil saya kali ini. Tiket masuk untuk orang dewas dibandrol Rp.30.000,- sedang anak-anak saja Rp 12.500,- Tetap oke-lah, dengan harga segitu meskipun kita merogoh kocek yang dalam untuk masuk demi menikmati suasana yang menyenangkan dari sejarah mahakarya peradaban negeri ini.



Yogyakarta sekitar, disamping tempatnya sangat menyenangkan tersimpan begitu banyak wisata kuliner di sana, Candi Borobudur yang bertempat di Magelang Jateng ini telah membius banyak wisatawan dalam negeri  maupun dari luar negeri. Selain pemandangannya yang indah, tersimpan banyak sejarah yang bisa kita ketahui di sana. Setalah puas berkeliling di Candi Borobudur melihat-lihat hamparan bebatuan yang tertata apik....nggak lain dan nggak bukan kita harus going ke penginapan untuk beristirahat, lumayan juga sih perjalanan dari Magelang menuju kota Yogya. Cerita berlanjut di jalan Malioboro....Singgah dulu beberapa saat ke Malioboro untuk mencari oleh-oleh khas Yogyakarta dan mencicipi kuliner sajian khas berselera sambil mendengarkan pengamen jalanan mengiringi santap makan malam kami.

Bukan hanya bisa menikmati indahnya Candi Borobudur, Candi Prambanan dan kota Yogyakarta, acara kami lanjutkan di hari kedua menuju ke Parangtritis. Berangkat jam 6 pagi langsung check out setelah sarapan pagi, keluar hotel membeli bekal "nasi gudeg" untuk makan siang di pantai. Tiba di Parangtritis langsung ambil moment sekenanya, jeprat-jepret sampai puas. Parangtritis merupakan obyek wisata yang cukup dikenal. Menurut mbah google, Parangtritis awal mulanya berasal dari kata Parang Tumaritis atau air yang menetes (tumaritis) dari atas batuan (parang). Dan menurut masyarakat setempat pantai Parangtritis adalah lokasi dari kerajaan Kanjeng Ratu Roro Kidul, ratu penguasa dari pantai selatan. Nah ! kalo menurut para ahli bumi, kawasan parangtritis merupakan pertemuan antara 2 lepengan Eurasia dan Hindia-Australia. Dari pertemuan dua lempeng tersebut mengakibatkan timbulnya mata air panas di Parangwedang yang tak jauh dari Parang Kusumo. Di Parangtritis ini banyak petilasan yang masih ramai dikunjungi orang untuk “ngalap berkah” seperti Gua Langse petilasan Karang Kusumo, makan Syekh Bela Belu, Syekh Maulana Maghribi, dan Kyai Selohening. Setelah berjam-jam menghabiskan waktu di Parangtritis perjalanan kami lanjutkan menuju ke candi Prambanan. Begitu nyampe di lokasi candi, cuaca tidak bisa diajak kompromi, Panaaasss......!! Namun halangan itu bisa diatasi dengan banyaknya penyewa payung buat menghindari teriknya panas matahari....huffft. Bukan hanya bisa menikmati indahnya Candi Prambanan, disini juga wisatawan bisa menikmati hiburan lain. Seperti bersepeda yang bertarif Rp 20.000,- untuk sepeda tandem, Rp 10.000,- per orang, kemudian masih ada wisata menunggang kuda yang perorangnya dikenakan biaya Rp 20.000,-. Selain itu, saat melewati jalan keluar dari wisata Candi kita akan disuguhkan banyaknya rusa dikebun dan ada juga burung kasuari.


0 komentar:

Posting Komentar