Related Post

Senin, 21 November 2011

Memperkecil File MP3

Mungkin diantara sobat blogger ada yang memiliki koleksi Audio CD seperti saya, dan Jika koleksi music sobat blogger telah menghabiskan space harddisk- atau pemutar mp3 sobat, sobat blogger dapat mengurangi ukuran file dan membackup ke dalam format mp3. Untuk memudahkan hal tsb sobat blogger tentunya menggunakan software penunjang tersebut, banyak pilihan dapat digunakan untuk menjalankan software tersebut, karena kebetulan sekali koleksi music saya sudah makin banyak dan tidak muat lagi kapasitas kerja hardisk yang saya gunakan terpaksa saya harus mengKonvert sebagian file music ke dalam MP3 .

Ada berbagai macam MP3 converter, seperti dibawah ini :

1. Easy CD-DA Extractor - rip CDs, burn CDs and DVDs, and convert audio files

2. dbPowerAmp Music Converter - rip CDS, convert between many audio files and more

3. FreeRip - free program to convert CDs to digital audio files

4. CDex - another great free CD ripper

5. Power Audio Cutter - convert audio tracks or edit out select parts

6. Akram Audio Converter - versatile, all-around audio converter

7. Pazera Free Audio Extractor - converts video files to audio and converts back and forth between major digital audio formats

8. TuneConvert - converts MP3, AAC, WMA and WAV audio files back and forth

9. Rip Vinyl - convert records or cassette tapes to MP3 or WAV formats

10. Fre:ac - excellent freeware converter that converts between major formats

11. Hamster audio converter - universal mp3 converter for audio formating
12.. Altarsoft Audio ConverterProgram for converting audiofiles and grabbing audio from cd.
13. WinMP3 Packer - A userful tool designed to help you get more space
15. Razorflame - video and audio

Perlu diingat bahwa jika sobat blogger memperkecil ukuran file mp3 maka kualitasnya menjadi kurang baik, akibat adanya beberapa frekuensi dan pengurangan frame rate. Untuk soal ini saya tidak begitu ahli soal frekuensi ato apalah, namanya aja jejak petualang asal berselancar di dunia maya dan dapet info yang wah ya udah tinggal dipelajari saja,
semakin tinggi bitrate maka akan semakin jernih juga sound mp3
Bitrate; Dalam mp3 yg menjadi faktor besar atau kecilnya file tersebut adalah Waktu/Durasi
dari lagu tersebut & Bitrate. Bitrate ini sangat berpangaruh pada kualitas mp3 tersebut.
Standarnya 128bitrate dan yg rendah biasanya 46 (wav) & 32 (amr) bitrate. Itu artinya

Altarsoft Audio Converter
sebagian besar lagu yang kita download atau rip disimpan dengan format constant bitrate, dimana bitrate yang lebih tinggi tidak begitu efisien. Variable bitrate (VBR), di sisi lain, lebih efisien karena memakan space lebih sedikit. Saya ambil contoh aja MP3Packer yaitu program gratis untuk Windows yang akan mengubah file MP3 ke variable bitrate MP3, sehingga memangkas ukuran file sebuah lagu. Bagian terbaik adalah MP3Packer menggunakan lossless conversion—dimana kualitas lagu tetap sama walaupun ukurannya mengecil.
Keunggulan lainnya adalah MP3Packer dapat mengkonversi semua lagu dalam sebuah folder sekaligus. Bayangkan berapa space yang dapat sobat save jika koleksi lagu sobat  bergiga-giga.
Saya sih sukanya yang gampang-gampang saja, dan mudah dipahami seperti Altarsoft Audio Converter, mudah penggunaannya nggak ribet, tinggal memasukkan file music ke dlm program trus pilih jenis konvert apa yang dikehendaki....
Sobat blogger saya mohon maaf bila tulisan ini kurang lengkap informasinya, mohon sobat blogger melengkapi kekurangannya.

Sekedar catatan kecil saja, sobat blogger juga dapat Mengkonversi file audio  ke MP3 dalam kualitas tinggi dengan MP3 converter online gratis.

Dikumpulkan dari berbagai sumber ...

Semoga Bermanfaat.
        





0 komentar:

Posting Komentar