Related Post

Jumat, 26 Oktober 2012

Diet Kacang-kacangan Selamatkan Anda Dari Serangan Jantung

Sebuah studi baru-baru ini mengungkap manfaat dari kacang-kacangan, terutama untuk urusan kesehatan. Dalam sebuah penelitian, kacang diklaim baik untuk jantung. Tak cuma itu, kacang juga dapat memperbaiki kadar gula darah, dan meminimalisir dampak buruk dari diabetes tipe 2.

Seperti dikutip dari Dailymail (23/10), kacang baik untuk kesehatan rupanya tak lagi sebatas mitos. Karena, sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Toronto telah membuktikan kebenaran hubungan antara kedua hal tersebut.

Secara khusus beberapa jenis kacang seperti Buncis dan lentil memiliki manfaat dengan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, tekanan darah dapat diturunkan dengan kebiasalan ngemil kacang-kacangan. Bahkan dalam sebuah studi ini juga mengungkap, kacang bisa membantu menyelamatkan hidup Anda dari diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan pada kacang ditemukan sebuah bahan dengan rendah indeks glikemik (GI). Zat ini berfungsi meningkatkan kontrol glukosa darah dan mengurangi penyakit jantung koroner (PJK) pada pasien diabetes.

Dr David Jenkins dan rekan telah menguji efek dari mengonsumsi kacang pada 121 orang penderita diabetes tipe 2. Mereka menemukan diet kacang-kacangan rendah GI mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 0.8%, terutama karena penurunan tekanan darah.

"Kebiasaan mengonsumsi sekitar 190g per hari (secangkir) tampaknya memberikan kontribusi berguna untuk diet rendah GI dan mengurangi risiko PJK melalui penurunan tekanan darah," jelas Dr David Jenkins, yang juga seorang dokter di Rumah Sakit St Michael di Toronto.

Sebelumnya, makanan rendah GI telah lama dikaitkan dengan peningkatan kontrol gula darah pada pasien dengan diabetes tipe 2. Jenis makanan ini direkomendasikan dalam banyak pedoman diabetes internasional.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan secara Online di situs Archives of Internal Medicine.

Sumber : disini

1 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal :)

just followed this blog! mau dong di follow juga :D

Posting Komentar