Related Post

Jumat, 06 Januari 2012

VIRUS RAMNIT MENYERANG RIBUAN AKUN FACEBOOK

virus Ramnit
Sebuah worm merajalela dengan nama Ramnit telah mencuri 45.000 informasi login dan password pengguna Facebook, Menyusul rilis dari kode sumber botnet Zeus, meskipun, pengembang malware dipinjam dari pedoman Zeus untuk memodifikasi Ramnit. Penggabungan yang dihasilkan adalah Worm yang memiliki lingkup dan propagasi Ramnit, dikombinasikan dengan data mencuri bakat keuangan Zeus.
Semula merupakan malware yang dirancang untuk mencuri data dari lembaga keuangan, sekarang berkembang menjadi sebuah ancaman jaringan sosial,” kata John Weinschenk, CEO di perusahaan Cenzic Cybersecurity. “Nomor rekening Bank dan Facebook log-in kredensial tampak sangat berbeda, tapi untuk hacker, mereka sama-sama menguntungkan.”

Setelah Ramnit bergabung dengan source code Zeus, blog Seculert mengatakan worm tersebut menjadi “makhluk Hybrid.” Artinya, mengambil bawaan Zeus sebagai pencuri data keuangan dan mendapatkan akses ke lembaga keuangan. Sebagai hasilnya worm tersebut memanfaatkan sesi perbankan online dan juga menyerang beberapa jaringan perusahaan. Worm Ramnit masuk melalui Facebook, menyebar malware ke ribuan pengguna Facebook yang tidak bersalah.



Bill Morrow, ketua eksekutif Quarri Technologies, menjelaskan bahwa varian Ramnit asli dianggap menyebar melalui USB drive atau biasa disebut Flash Disk dll. Beberapa spekulasi mengatakan bahwa penyerangan dapat mengeksploitasi praktik keamanan lemah. Para penjahat dunia maya mengambil keuntungan dari fakta bahwa pengguna cenderung untuk menggunakan password yang sama di berbagai layanan berbasis web (Facebook, Gmail, Perusahaan SSL VPN, Outlook Web Access, dll) untuk mendapatkan akses remote ke berbagai jaringan. Pada dasarnya ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah menjadi korban dari varian Ramnit terbaru. Pertama, berpikir dua kali mengklik link dari kontak Facebook Anda. Sebenarnya, berpikir dua kali mengklik link apapun atau membuka lampiran file dari setiap kontak pada setiap jaringan sosial atau layanan berbasis Web. Anda harus sangat kritis jika kontak Anda hampir tidak berkomunikasi dengan mengirimkan Anda sebuah link yang tidak jelas.

Sebenarnya serangan Spam Facebook semacam ini bukan hal baru. Sebuah serangan terakhir yang disebabkan oleh kerentanan browser, mengganti wallpaper user dengan foto Biebs yang memanfaatkan pornografi. Tidak lama setelah itu, spammer pecinta bola menyerang forum komunitas Facebook.Pengguna harus mengawasi profil Facebook mereka karena worm jaringan sosial terus menyebar.
Facebook mengatakan mereka menahan 200 juta seranganjahat per hari, yang berisi pesan yang mengirim pengguna ke malware. Tapi kenyataannya, spam Facebook masih tumbuh lebih cepat dari penggunanya.

Untuk memerangi jenis ancaman ini, konsumen perlu waspada dengan sering mengubah password,” kata Weinschenk. “Hindari mengklik link yang tidak diketahui, dan waspada terhadap link-link berbahaya yang diposting oleh teman-temannya dan hindari juga menggunakan password yang sama di semua akun email, situs jejaring sosial, dan mikrobloging. 


Dirangkum dari berbagai sumber.

6 komentar:

BO BODY mengatakan...

thanks, infonya gan....happy blogging

secangkir kopi : mengatakan...

datang sini sambil rebonding PC.....penah try.??haha, mantap infonya gan. ijin share

SILO mengatakan...

lwt baca2 info menarik disini....

Fahmi B'El mengatakan...

wah bahaya nih.. thnx infonya kawan :)

suzie rahman mengatakan...

thx 4 sharing

Virus : mengatakan...

virus memang berbahaya kwn, harus dibersihkan dari muka bumi...thx for sharing

Posting Komentar