Related Post

Senin, 30 Januari 2012

MEMBERSIHKAN JAMUR KACA DI MOBIL

Jamur kaca menjadi noda bandel di kaca (terutama kaca depan mobil). Selain menjadi seperti bersisik jamur kaca juga mempersulit air hujan turun sehingga pandangan pengemudi saat hujan semakin tidak jelas. Meskipun wiper bekerja keras menyeka air hujan tetapi tetap saja pandangan terasa tidak clear. Beberapa hari dikarenakan musim hujan, aktifitas berkendara saya agak sedikit terganggu dengan jarak pandang pada kaca depan mobil. Disarankan oleh teman untuk mencoba beberapa tips dibawah ini, seperti yang telah saya praktekkan.

Gunakan minuman soda

Sobat tentu sering melihat atau bahkan pernah mengkonsumsi minuman soda gembira. Nah, untuk membersihkan jamur di kaca yang membandel kita membutuhkan minuman soda, ingat hanya minuman soda saja.
Namun, sebelum membersihkan jamur atau noda, bersihkan dahulu kaca mobil yang berjamur atau bernoda tersebut. Tetapi ingat, jangan diguyur air. Hal itu dimaksudkan agar unsur kimia yang ada di minuman soda itu tidak bersenyawa dengan air.
Setelah kaca dibersihkan, proses pembersihan bisa dimulai. Caranya ambil lap bersih yang kering, kemudian basahi dengan cairan atau minuman soda itu dan gosok-gosoklah. Ulangi cara itu beberapa kali hingga noda atau jamur hilang.



Siram dengan air tembakau

Siapkan tembakau kering. Anda bisa dapatkan dari rokok merk apapun sekitar 6 batang atau seperlunya.
Rendam tembakau dalam air bersih selama 10 menit dalam 1 gayung air
Gosokan tembakau yang sudah direndam tadi ke kaca mobil secara perlahan dengan gerakan melingkar (seperti memoles mobil)
Bilas sampai bersih
Bila masih terlihat bercak jamur, anda dapat mengulangi proses diatas sampai anda merasa puas dengan hasilnya.
Bila ada jamur yang terlalu membandel, mungkin sebaiknya dibawa ke para profesional untuk mengurangi resiko rusaknya kaca depan mobil anda.



Lakukan pencegahan
Untuk mencegah jamur atau noda di kaca mobil, sebaiknya langsung menyiram atau mencuci mobil, terutama kaca sesaat setelah mobil kehujanan. Bila, tidak sempat mencuci atau mengguyur dengan air, bersihkan kaca dengan kemoceng kering atau mengelap dengan lap kanebo yang basah.
Upayakan jangan parkir di area yang langsung terkena sinar matahari secara langsung. Pasalnya, radiasi sinar ultra violet bisa menjadikan kotoran – terutama yang cair- menempel kuat. Bahkan, bila tak segera dibersihkan kotoran akan mengalami oksidasi dan berubah menjadi jamur.


Semoga cara - cara diatas dapat membantu sobat tanpa harus mengeluarkan banyak uang, dan juga mengurangi resiko merusak kaca depan mobil anda akibat obat-obatan kimia yang bersifat keras.

0 komentar:

Posting Komentar